Arsip

Belajar tentang Manajemen Proyek

Hai Readers  kesayangan gue J yang tentunya selalu sehat wal’afiat ya. hehhe

20160927_124325

Karimunjawa

Kali ini  gue mau berbagi sedikit pengetahuan tentang Manajemen Proyek yang baru aja didapetkan pada semester baru (Semester  5) di kampus tercinta Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Oh iya, kan gue Pariwisata nih, kok belajar manajemen proyek sih, emang  jurusannya manajemen pembangunan, arsitektur, sipil.  Dengar kata Proyek aja, dalam benak gue udah kebayangnya gini, kalau bukan proyek perumahan, Rumah sakit, gedung, jalan raya pokoknya yang berwujud fisik gitu. Ternyata guys, penting juga bagi anak Pariwisata belajar Manajemen Proyek, karena bakal ada proyek-proyek yang dilakukan pariwisata baik berupa fisik maupun nonfisik. eh kak, nonfisik yang kaya gimana tuh?

Jadi kalau dalam bidang Pariwisata yang biasa melaksanakan program/proyek pariwisata adalah pihak pemerintah, Industri (swasta) dan masyarakat. Jadi proyek nonfisik itu, biasanya sering dilakukan oleh pemerintah dan atau jasa konsultan pariwisata contohnya proyek pembuatan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional( RIPPARNAS) , Rencana Induk Pembanguann Pariwisata Provinsi ( RIPPARPROV ), Rencana Induk Pembanguan Pariwisata Daerah (RIPPARDA) dilanjutkan kearah Masterplan, Business Plan.

Kak, kembali lagi ke Laptop nih, Sebenarnya Manejemen Proyek itu apa?

Menurut “Soeharto (2001)” manajemen proyek adalah merencanakan, mengorganisir, memimpin, dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan. Konsep manajemen proyek mengandung hal-hal pokok sebagai berikut:

1.Menggunakan manajemen berdasarkan fungsinya

2.Kegiatan yang dikelola berjangka pendek, dengan sasaran yang telah digariskan secara spesifik terutama aspek perencanaan dan pengendalian.

3.Memakai pendekatan sistem

4.Mempunyai hierarki (arus kegiatan) horizontal di samping hierarki vertikal.

Sumber: http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=120000

kak, kan tadi dijelasin tuh, ada proyek yang dilakukan oleh pemerintah dan proyek Industri (swasta), itu bedanya apa ya?

  • Proyek pemerintah

Suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan sasaran program sebagai bagian dari usaha merealisasikan  tujuan umum yang telah dirancang, kegiatan mana dijalankan dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi dengan kombinasi yang memenuhi norma kapasitas ekonomis yang optimal.

Proyek pemerintah sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya keuangan, proses perizinan yang lumayan ribet karena berhubungan dengan birokrasi pemerintahan, pembangunan dengan dana sedikit tetapi berkualitas.

Proyek pemerintahan juga bersifat kompleks, kelayakannya dilihat dari aspek sosial, ekonomi, politik dan budaya, dananya diambil dari APBN.

  • Proyek Swasta

Memanfaatkan pengeluaran kas saat ini guna menghasilkan pengeluaran yang mampu memberikan manfaat akan datang yang lebih besar dan pada gilirannya perusahaan yang bersangkutan dapat memperluas skal usaha dan meningkatkan derajat maupun labanya. Kalau proyek swasta berkarakteristik: mengikuti trend, anggaranya lebih besar, kualitas pengembangannya tinggi, dinamis, perizinannya snagat mudah.

Proyek teridiri dari beberapa jenis diantaranya Proyek penelitian dan pengembangan, proyek manajemen pelayanan, proyek pembangunan fisik, dan proyek pembangunan nonfisik.  Dalam memulai pembangunan/proyek ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  • Sumber daya manusia yang berkompeten dalam bidangnya
  • Keterampilan, bakat dan usaha
  • Fasilitas, alat dan perlengkapan
  • Modal
  • Informasi dan pengetahuan.

Berikut adalah bidang-bidang utama manajemen proyek:

  • Memahami sifat suatu proyek
  • Peranan manajer proyek
  • Menetapkan suatu proyek
  • Merencanakan suatu proyek
  • Mengontrol suatu proyek
  • Menggunakan alat otomatis (teknologi) seperti GPS dalam pengukuran peta jaman sekrang
  • Kualitas pribadi manajer proyek (bertanggung jawab, cerdas, disiplin, ulet, profesional dan tekun dalam bidangnya)
  • Menyelesaikan suatu proyek dengan sukses.

Pada intinya kenapa gue harus banget pelajari mata kuliah ini karena, suatu saat nanti Puji Tuhan gue pengen menerima proyek yang berkaitan dengan pembangunan Pariwisata Daerah gue sendiri yaitu Pulau Flores. semoga terkabulakan ya Tuhan, Amin. Tentunya gue harus paham proyek pasiwisata seperti apa? cara mengatur dan mengelolanya seperti apa? cara pengembanganya seperti apa?.

Okay guys terima kasih ya karena sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca, dimohon kritik dan sarannya dan khusunya jika pembaca memiliki pengetahuan lebih tentang Manajemen Proyek gue sangat terbuka untuk menerima masukan dan pembelajaran.

  informasi didapatkan dari dosen pengampung mata kuliah dan pembelajaran pribadi

Bye bye

Arigatou gozaimasu

Written by Susana Andryani Diyaner

 

2015 vs 2017

Kemajuan suatu Desa atau wilayah bisa diukur dari beberapa aspek diantaranya ekonomi, sosial dan budaya.  dari sisi ekonomi, akan tercatat dari hasil pendapatan desa, atau kepala keluarga (local community). dari sisi sosial dan terlihat dari  kondisi sosial, hubungan antar masyarakat dalam desa maupun dengan desa lainnya, hubungan antara masyarakat dengan pemerintah (desa, kecamatan, dan daerah), hubungan dengan lembaga-lembaga. sedangkan kalau dari sisi budaya, bagaimana masyarakat desa menghargai nilai-nilai budaya yang secara turun temurun telah melekat dalam kehidupan desa (ini adalah pendapat saya).

Nah, sekarang saya mau menggambarkan beberapa perubahan dan perbedaan kampung Pacar (kampung saya) tahun 2015 dan tahun 2017:

2015                                                VS 2017
  • Jalan raya masih bebatuan
  • Masih ada yang berniat untuk memutuskan pendidikan
  • Kurangnya kesadaran masyarakat tentang teknologi-teknologi baru
  • gaya hidup masih berkarakteristik lokal atau masih meninggikan nilai budaya dan Agama.
  • kurangnya kerjasama antar masyarakat lokal dan pemerintah desa dalam merencanakan pembangunan desa.
  • Belum ada wadah  penyaluran aspirasi masyarakat desa tentang kemauan mereka dalam membangun desa.
  • Masyarakat saling mengkritik baik terhadap pembangunan desa maupun kualitas kehidupan desa, namun belum pernah ada solusi yang memuaskan.
  • Minimnya fasilitas Air minum (air bersih) di desa, belum jadi prioritas. Masih memikirkan yang penting hari ini ada.
  • Fasilitas listrik (PLN) belum ada, masih mengandalkan listrik pribadi yang cuman dimiliki beberapa orang.
  • Jalan raya sudah beraspal
  • Tingkat kemauan untuk melanjutkan pendidikan meningkat
  • Sadar teknologi karena mendapat informasi dari televisi
  • Gaya hidup masih berkarakteristik lokal atau masih meninggikan nilai budaya
  • Belum ada wadah  penyaluran aspirasi masyarakat desa tentang kemauan mereka dalam membangun desa.
  • Masyarakat saling mengkritik baik terhadap pembangunan desa maupun kualitas kehidupan desa, namun belum pernah ada solusi yang memuaskan
  • Minimnya fasilitas Air minum (air bersih) di desa, belum jadi prioritas. Masih memikirkan yang penting hari ini ada.
  • Fasilitas listrik (PLN) belum ada, masih mengandalkan listrik pribadi yang cuman dimiliki beberapa orang.
  • meningkatnya  hubungan berorganisasi misalnya Persekutuan Orang Tua  dalam melaksanakan berbagai kegiatan atau upacara-upacara adat  yang dibuat oleh masyarakat dengan persetujuan pemerintah desa.

Itulah pengalaman dan fakta  yang saya dapatkan selama liburan semoga liburan tahun mendatang mendapatkan pengalaman lebih baru lagi. saya butuh aspirasi pembaca, mengenai perkembangan desa saya, desa kamu, desa yang menjadi bagian dari Negara Republik Indonesia.

mohon maaf bila ada kesalahan kata, tidak ada manusia yang sempurna tetapi akan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.

Thank you for reading,,, jangan lupa dilike ya, dishare, dicomment, dan sampai ketemu di tulisan berikutnya. byee ditunggu aspirasimu… 🙂 🙂

written by Susana Andryani Diyaner Baca lebih lanjut

Unforgotable Experience

When i graduated from junior high school i choosed the one of senior high school in Labuan Bajo to continue my education. That is the first state vocational school or the people usualy said SMIP Labuan Bajo.  why i choosed the tourism high school? As we know that Labuan Bajo is the most populer destination in the world, it would be the one  oppurtunity  for job in the future.

I have planned it before i graduate from junior high school with my old friends. We went o Labuan Bajo together and prepared all the administration. It was the first time i visited to labuan bajo. i was very happy because there are a lot of beautiful places that i could spend my short time beside the main porpose to followed the test at SMK Negeri 1 Labuan Bajo.  the beautiful places were Binongko beach, pede beach, waerana beach, mirror stone cave, the beautiful sunset from the hills and many more.

Well, to enter the tourism high school i must to followed the test. I think the students who pass the test examination were lucky.  Unfortunately, the test is not to difficult because it was only the simple science test, mathematics test and simple engish test. All the sentences or every number in the test were like the last examination in junior high school.

Over all, it wasn’t  give me occasion to pass the test. When it was done, i went to Bari, the capital of Macang pacar district located in the north of west manggarai regency.  I studied at the first senior high school of macang pacar.  When i graduated  in 2015, stopped for a year to help my parents  by looking for job to get money.  Now i am studying in this university to start my real future  by learning hard, getting more experince about acknowledgment and anything else i should get here.

So, that is the one of my unforgotable experience in my life. I learn from the experience  that everythings  i never give up  with all the fail situation result,  behind the fail result there is one thing to be success, to open the new inspire, to change the habbit and to change my life better.  NOW I GOTTA BE A STRONGER GIRL TO MANAGE MY FUTURE.

                i think, that’s all about the unforgotable experience. I am sorry  for my english, i am not the best in english  but i want to learn english well.  I need  the criticism and suggestion  in words and grammer  to change better.

 

sebenarnya ini pengalaman teman aku, namanya Natalia Maju tapi karena aku diminta untuk menulisnya menggunakan bahasa Inggris, maka inilah hasil tulisan yang tidak seperti yang sekolah khusus jurusan bahasa Inggris. heheh

Thank you for reading

 

 

 

 

Belajar mencintai lingkungan dari sisi bencana Kota Bandung

Berita kebanjiran sudah tak asing lagi bagi kehidupan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya. Kehilangan kehidupan, rumah, keluarga, dan yang paling utama adalah kenyamanan dalam hidup karena dihantui oleh suasana bencana banjir yang selalu datang ketika hujan tiba. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang dikenal sangat hiburan, dikenal kota dingin, kota hijau hingga banyak penjuru berhasrat untuk berkunjung ke kota ini. Selain itu dikenal juga sebagai kota pusat produksi tekstil di Indonesia. Namun, dengan kondisi dan berita tersebar di mana-mana tentang kejadian bencana yang melanda kota Bandung membuat motivasi calon pengunjung berkurang untuk mengunjungi kota Banudung.

pag

Foto dari teman

Hal ini dilihat dariOktober 2016 yang lalu sejak mulainya musim hujan yang berkepanjangan mengakibatkan  daya tampung air terbatas karena kurangnya daya serap tanah terhadap kapasitas air yang sanagt banyak. Kota bandung memiliki kondisi geografis yang dikelilingi oleh pegunungan. sehingga pada saat musim hujan tiba air akan mengalir ke daerah yang lebih rendah hal tersebut merupakan salah satu penyebab kebanjiran.

g

gambar dari google, Bandung Barat

Selain itu, kebanjiran disebabkan oleh penataan wilayah industri yang bisa dikatakan salah, karena ada beberapa wilayah dataran tinggi kota Bandung yang dahulunya ditata sebagai daerah resapan air dan sekarang ini dan beberapa tahun terakhir dipenuhi oleh pembangunan industri jasa seprti hotel, restoran apartemen dan lan sebagainnya yang memadati wilayah wilayah tersebut. Hal tersebut juga disebabkan karena kurang tegasnya proses perizinan usaha industri jasa oleh pemerintah periode-periode sebelumya. Dan tidak mempertimbangkan dampak-dampak lingkungan sebelum melakukan usaha jasa tersebut.  Pemerintah menyiapkan selokan sebagai jalur air mengalir dari dataran tinggi ke yang rendah, sementara di daerah yang lebih rendah tidak menyiapkan atau meneruskan jalur kemana dan mau diapain air dengan jumlah besar tersebut. Jadi ini adalah kesalahan awal penataan kota yang tidak mempertimbangkan prinsip Environmental Sustainability.   Beberapa dampak lainnya akibat kebanjiran ini antara lain, penyakit, kerusakan mikroorganisme tanah, sampah jadi menampung di suatu tempat.

hotel

ciumbeleuit

Melihat kejadian-kejadian tersebut sebenarnya banyak  hal yang perlu kita pelajari

  • Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
  • Prinsip ekonomi hijau
  • Memperketat perizinan usaha
  • Mempertegas fungsi bidang kesehatan, lingkungan hidup dan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan sejak dini.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua, dan mohon maaf bila pembaca merasa tersniggung. Terima kasih

Salam Pesona Indonesia dari mahasiswi Pariwisata

Susana Andryani Diyaner