Field trip Sukabumi

Sukabumi terbagi ke dalam dua wilayah administratif, diantaranya adalah kota sukabumi sendiri dan  wilayah kabupaten Sukabumi. Field trip kali ini, program studi Manajemen Destinasi Pariwisata terbagi ke dalam dua kelompok kerja; kelompok kabupaten dan kelompok kota. Tema field trip adalah Evaluasi kinerja Pemasaran pariwisata.

Sedikit berbagai tentang tahap-tahap field trip  yang biasa dilakukan oleh mahasiswa MDP sejak semester 3:

  1. Tema field trip ditentukan oleh dosen sesuai dengan kurikulum yang ada di STP Bandung
  2. Sebelum field trip kami dibagi kelompok sesuai dengan ketentuan dosen dan tema yang akan diobservasi/diteliti.
  3. Mencari konsep dan teori dari tema yang ada (sambil konsultasi ke dosen dan diskusi bersama)
  4. Membuat operasional variabel
  5. Membuat instrumen penelitian: kuesioner, pedoman wawancara, check list

Kemudian uji validitas instrumen dengan mencoba untuk menguji pertanyaan kepada teman kampus di luar jurusan kepariwisataan yang dianggap bisa menjadi contoh responden.

Pada field trip- field trip sebelumnya, lebih banyak ke obyek wisatanya sedangkan kali ini lebih ke dinas pariwisata. dinas pariwisata kota  dilakukan oleh kelompok kota sedangkan dinas pariwisata kabupaten Sukabumi dilakukan penelitian oleh kelompok kabupaten.

like earth_170410_0082
my girls

Kabupaten Sukabumi dikenal dengan geoparknya yang marak akan diresmikan pada bulan Mei 2017 nanti menjadi salah stau situs warisan dunia atau akan terdaftar dalam daftar UNESSCO. Hal tersebut akan menjadi salah satu faktor yang akan meningkatkan jumlah wisatawan yang akan mengunjungi kabupaten Suka Bumi.

Okelahhh,, selain ke Dinas pariwisatanya gak mungkin terlewatkan dong kan mesti jalan-jalan juga ya walaupun tujuan utamanya untuk bagi kuesioner namun kesempatan bersenang-senangnya dapet. heheee

like earth_170410_0382
Karang Hawu Beach

Usai mampir di dinas pariwisata kami langsung ke Pantai Karang Hawu, lautnya memang agak berbahaya sih ombaknya juga deras banget jadi di sini memang gak ada aktivitas seperti snorkeling, berenang apa lagi diving. Di sini terlihat beberapa masyarakat yang sedang memancing dan beberapa lainnya duduk hanya menikmati udara pantai dan jalan-jalan di pesisir pantai. Yang tertarik di sini, desiran ombak yang tinggi mencapai 2-5 meter dengan pemandangan yang indah. Disini juga bisa menikmati sunset yang indah.

kemudian, sekitar 1 KM dari pantai Karang Hawu kami menuju pantai Citepus  sedikit agak berbeda dengan pantai sebelumnya kalau di sini ada aktivitas bermain sepak bola di pantai. pengunjung yang ada di dua pantai ini umumnya berasal dari daerah Suka Bumi sendiri. Ada beberapa saja yang berasal dari luar daerah seperti Banudng, Bogor dan Cianjur.

keesokan harinya; kami mengunjungi beberapa obyek wisata di wilayah perkotaan untuk melanjutkan pencarian data.

like earth_170410_0153
Pantai buatan-photo taken by Gardis

ada sebuah taman wisata namanya Santa Sea. ini merupakan sebuah theme park milik swasta sebagai tempat hiburan yang biasa dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun masyarakat dari luar sepeeti Bogor, Jakarta, Cianjur dan Bandung.

selanjutnya mengunjungi tempat pemandian air panas atau kunjungi link  ini

bagi saya, kolam air panas tersebut kurang diperhatikan kebersihannya, contohnya: toiletnya terlihat kotor, keramiknya tidak terawat, area pinggir kolam masih ada sampah plastik. saya sangat tidak tertarik untuk menikmati wahana Air tersebut. saya lebih memilih wahana air di Santa Sea, dikelola dengan baik, bersih dan pelayanannya juga sangat bagus.  berdasarkan hasil pengamatan, tempat wisata ini banyak dikunjungi masyarakat setempat dan bahkan tidak ada pengunjung luar Kota.

besok harinya, mengunjungi air terjun Citatih untuk menikmati aktivitas arung Jeram.. ini asik bangett,,, sungainya luas banget,  jarak yang digunakan mencapai 12 KM namun yang kmi pilih hanya yang 9 KM atau ditempuh selama 2 jam.

Tidak bisa dipungkiri Indonesia sangat populer dengan masalah sampah. di pinggir sungai sampah bertebar begitu saja, warna air yang kecokelatan mengurangi nilai obyek wisata ini. air yang berwarna kecokelatan ini terjadi karena hujan di bagian hulu Sungai.

like earth_170410_0387
Citatih River

namun,  karena kehebohan anak kelasan yang tidak pernah ada hentinya membuat saya terus bersemangat untuk menikmati atraksi wisata Arung Jeram.

“Segala sesuatunya adalah milik Tuhan”

“Dipinjamkan untuk umat manusia”

“Yang seharusnya dilestarikan dan dijaga”

“Yang kita lakukan hari ini adalah untuk masa depan generasi mendatang”

Tulisan: Susana Andryani

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s