Pulau Gosong bikin gue gosong :)

Karimun Jawa, Central Java Indonesia

kami-semua

Di depan pintu masuk  Pelabuhan Karimun Jawa

Tahu gak Karimunjawa itu di mana? Yahh mungkin sebagian dari anda belum tahu di mana lokasi Karimunjawa tapi juga ada sebagian dari anda yang mengetahuinya dan bahkan udah pernah kesana. Dari pada lama-lama aku langsung aja ingin menceritakan perjalanan saya selama kurang lebih 5 hari 4 malam include nginap di Bis hahahah

Hari pertama, Kali ini gak perlu repot-repot  dan huru hara bangun pagi jam 04.00 WIB seperti fieldtrip sebelumnya untuk memulai perjalanan, karena  fieldtrip kali ini kami berangkat pada pukul 16.00 dari kampus tercinta STP Bandung.  ini adalah pengalaman pertama menghabiskan waktu sepanjang malam di Bis. Perjalanan dari Bandung menuju pelabuhan Kartini, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ditempuh selama 12 jam melalui Tol Cipali. Sebelumnya kita mau lewat Sumedang tetapi karena ada beberapa pertimbangan akhirnya kami lewat tol Cipali.

sunset-tg

Perjalanan dari Pantai Tanjung Gelam ke Pelabuhan Karimun

Hari kedua, Pada pukul 05.00 WIB kami tiba di Pelabuhan Kartini Jepara merasakan angin pantai sudah mulai merasuki pikiranku sambil membayangkan seandainya ini adalah pelabuhan Labuan Bajo, Flores(pengen pulang kampung). Gausah mikirin itu dehh nanti baper soalnya Labuan Bajo juga Indah banget tak kalah dengan destinasi yang akan kita tuju yaitu Karimun jawa. Oke disini kita nongkrong nangkring ga jelas tapi  sambil melihat produk-produk pariwisata yang disediakan di tempat ini dan juga fasilitas umum yang mendukung kegiatan pariwisata.  Lumayanlah kami berada di sini selama empat jam karena harus menunggu keberangkatan kapal jam 09.00 (kapal express/kapal cepat) yang bisa menempuh Karimunjawa selama 2 jam.  Selama perjalanan aku masih  dipenuhi rasa penasaran karena Karimun jawa merupakan salah satu tempat di mana memiliki kekayaan alam bawah laut terbaik di dunia. Terus aku liat di youtube yang menayangkan perjalanan wisata para traveller yang membuatku iri. Tapi  ternyata bukan Cuma sampe rasa iri, buktinya sekarang aku menuju ke Karimun jawa. Yeaaaa

hiu

penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar

Welcome To Karimun jawa (tertulis di Pelabuhan Karimunjawa), baru nyampe di pelabuhan aku udah disambut oleh ikan-ikan yang lucu dan terumbu karang di bawah dermaga gimana gak seneng yahh apalagi di luar sana pasti lebih banyak lagi. Selama di Karimun Jawa Kami nginap di tiga buah homestay. Oh iya di sana aku sama sekali gak liat gedung-gedung tinggi yang berlabel hotel atau pun restoran heheh soalnya di daerah saya dipinggir pantai udah ada gedung tinggi jadi pasti menimbulkan limbah dan erosi tanah sekitar pantai. Jadi di karimunjawa ini, sama sekali gak ada hotel-hotel gede dan restoran gede  yang ada cuman homestay dan kantor-kantor dinas yang tingginya mungkin setinggi pohon kelapa. Menurut saya ini bagus banget, hotel itu tak semestinya tersendiri lebih baik homestay. Setelah makan siang kami menuju Pelabuhan Karimun jawa  untuk berlayar ke pulau gosong (pulau tak berpenghuni) Cemara dan Pantai Tanjung Gelam. Pulau Cemara cuman 30 menit dari Pelabuhan Karimun Jawa. Di sini cocok banget buat snorkeling, swimming dan diving. kalau mau snorkeling or diving inget yah jangan sampai ngerusak terumbu karang karena lo tau ga, untuk menumbuhkan kembali karang yang kamu rusakin itu butuh waktu selama 15 tahun untuk tumbuh kembali. Tapi sumpah keren bangett!!! Selanjutnya kami menuju pantai Tanjung Gelam sekitar 15 menitan dari pulau Gosong Cemara, pantai ini memiliki pasir  halus dan berwarna putih dilatar belakangi pohon kelapa, Ketapang serta ada perbukitan dan berbatuan. Di sini cocok banget untuk berenang karena gelombangnya sangat kecil dan favorit sekali buat anak-anak. Setelah berenang kamu bisa berleha-leha, berjemuran sambil menikmati sunset orange/jingga yang sangat romantis. Aduhhh rasanya pengen tinggal di sini terus, udah gitu pantainya bersih pula.

pulau Gosong

Hari ketiga, yay kami akan mengunjungi pulau kecil yang katanya pulau paling kecil diantara pulau lainnya di Karimun jawa  dan akan mengunjungi Pulau Menjangan besar untuk melihat tempat penangkaran Hiu jaraknya kurang lebih 10-15 menit dari pelabuhan Karimun jawa, sementara Pulau kecil ditempuh 55 menit dari pelabuhan Karimun jawa. Eh iya pulau kecil ini sebenarnya dikenal sebagai pulau cilik yang m6emiliki luas sebesar 2 ha. Setibanya di Pulau Cilik dan mungil ini kami diminta para crew kapal untuk mengambil peralatan snorkeling untuk menyaksikan atraksi alam bawah laut yang sangat indah, sumpah ini keren banget, berenang bareng ikan-ikan cantik ditemani terumbu karang yang berwarna warni. Kalo kamu mau dikelilingi oleh kerumunan ikan-ikan sebaiknya bawa roti atau makanan  untuk kamu mancing ikan-ikan tersebut. Dan selanjutnya kami makan siang disini  dan menyusuri keseluruhan Pulau ini dengan berjalan kaki di pinggir pulau yang berpasir putih nan halus sambil menikmati pemandangan laut yang jernih dan berfoto-foto. J J   disini juga terdapat beberapa fasilitas diantaranya warung, tempat, ada resort/penginapan dan tempat duduk untuk bersantai. kalian juga bisa membayar tempat ini untuk berkemah cuman rp. 25.000 per orang.

pulau Cilik

Okayy, selanjutnya kami menuju pulau Menjangan Besar pulau menjangan besar, sebelum menuju kesana kami mampir ke Pulau Gosong yang berada di tengah lautan jadi rasanya tuh kalau berdiri di atas pasir pulau gosong ini  seperti berada di atas permukaan air laut. Atraksinya berfoto-foto, itu aja sih menurut aku mah. Next, penangkaran hiu pulau menjangan besar. Yang tidak bisa berenang atau menyelam tapi pengen liat ikan Hiu secara langsung di sini kalian bisa melihat hiu secara langsung bahkan berenang dengan hiu dan memberi makan hiu. Yah walaupun tak seindah yang kalian liat didasar laut dengan hiasan terumbu karang tapi lumayan bisa ,mengobati rasa keingintahuan.  Tempat ini dikelola secara pribadi oleh investor dari Semarang dengan nama perusahaannya yaitu Hiu Kencana. Di sini juga terdapat fasilitas seperrti banan boat, tersedia paket tour, art shop dan 12 kamar homestay.

Hari keempat, kami mengakhiri kegiatan studi lapang dan kembali ke Bandung pada pukul 10.00 menuju pelabuhan Karimun jawa. Sebelum kembali ke Pelabuhan untuk mengisi waktu hari kami  dituntut untuk mendapatkan informasi dari dinas pariwisata setempat tentang kebijakan pariwisata yang diterapkan di wilayah Karimun Jawa. So, kami harus mencari data ke kantor inas pariwisata, sampai di kantornya ternyata kepala dinasnya belum masuk  kantor. Jadi kami gak dapat data yang sesuai dengan yang kami inginkan.  Okeeyy selanjutnya kami berkumpul kembali di homestay untuk  menuju Pelabuhan Karimun jawa dan menanti keberangkatan ke Pelabuhan Kartini Jepara.  Bye,,  semoga bisa kembali kesini lagii karena masih terdapat 23 pulau yang belum di kunjungi di Kepulauan Karimun Jawa… Aminnn

writen by Susana Andryani Diyaner

One thought on “Pulau Gosong bikin gue gosong :)