Bukan pacar aku tapi pacar kamu juga

Mungkin kamu ketawa baca judul artikel ini tapi ini memang sungguh nyata dalam kehidupan masyarakat di  wilayah bagian utara Manggarai Barat yang tak kunjung bahagia. kecamatan Macang Pacar adalah salah satu dari delapan kecamatan di kabupaten Manggarai Barat. Bukan pacar saya yang tersakiti, tetapi pacar kamu juga atau bisa jadi pacar kita yang kita pelihara selama hidup sebagai tanah kelahiran. Sampai sekarang ini pembangunan jalan di Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat bisa dibilang paling buruk sekabupaten Manggari Barat. Kondisi jalan raya dari kota Labuan Bajo menuju wilayah kecamatan dan dari kecamatan menuju desa-desa di dalam wilayah Macang Pacar juga sangat parah.

terang
lokasi  di Terang, Boleng

Dari pandangan masyarakat kecil, mereka tidak tahu segala sesuatu yang terjadi  dalam perencanaan pemerintah tentang pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana daerah yang tak kunjung berkembang. Padahal jika dibandingkan dengan kabupaten tetangga seperti Manggarai Tengah dan Manggrai Timur serta kabupaten lainnya di pulau Flores lebih maju pembangunan infrastrukturnya dibandingkan Manggarai Barat. Manggarai barat merupakan salah satu destinasi pariwisata populer di dunia, dan memiliki pendapatan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Tetapi mengapa hal tersebut masih saja bergantung tidak jelas begitu ?????

SANYO DIGITAL CAMERA
di kampung Pacar

Ini merupakan fakta yang sangat populer di Manggarai barat yang terus berlangsung dan tidak pernah ada respon dari pemerintah tentang hal ini. Bebarapa dampak negatif yang terjadi karena jalan rusak yang terdapat di kecamatan macang pacar seperti kecelakaan maut yang menewaskan nyawa orang, kurangnya motivasi masyarakat desa untuk menjual hasil pertanian ke kota Labuan Bajo, kurang minatnya masyarakat lokal untuk berkunjung ke kota Labuan Bajo, tingkat kesenjangan sosial meningkat,  rendahnya derajat pemerintah di mata masayarakat desa karena mereka merasa tidak diperhatikan.

longko
bisa dibilang extrem ya

Yang berikutnya lagi, bukan Cuma pembanguan jalan umum tetapi listrik. Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang bisa menunjang kebutuhan manusia sehari-hari. Bagaimana yang terjadi di Manggarai barat  beberapa kecamatan di Manggarai barat masih menggunakan janset pribadi atau jenset per wilayah yang dihasilkan oleh persatuan warga untuk memakai listrik selama 5 jam dimualai dari pukul 18.00 WITA Hingga 23.00.

pacar2
sayang banget kan

Sementara sisa dari waktu tersebut tidak menggunakan listrik sama sekali, sekoah-sekolah SD, SMP,Dan SMA pun tidak menggunakan listrik. Tak heran lagi jika lulusan dari desa-desa di kabupaten Manggarai Barat tidak bisa mengoperasikan komputer atu benda-benda elektronik lainnya.

pacar
taken by Rikus Nahor

Sementara di Kecamatan Macang Pacar memiliki potensi penghasilan yang baik seperti, kopi, cengkeh, buah-buahan, kelapa, cokelat, kemiri, sayur-sayuran serta hasil pertanian lainnya yang mungkin bisa dipasarkan di ibukota Labuan Bajo. dan juga memiliki hean ternak seperti ayam, Babi dan sebagainya.  Kemudahan untuk mencapai setiap daerah itu lebih menyenangkan tidak membutuh waktu yang lama. Jika dihitung, dalam kedaan jalan yang normal untuk mencapai wilayah Pacar ditempuh selam kurang lebih 3-4 jam tetapi karena jalannya rusak parah ditempuh dalam waktu 9-10 jam.

Tulisan ini merupakan tangisan seorang wanita yang tak bukan siapa-siapa dari kampung Pacar, mengenang kecamatan kita yang tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah. Kira-kira kapan kita bisa menikmati jalan yang bagus? Menikmati listrik 24 jam? Mendapatkan hidup yang sejahtera tentram dan damai. Kapan pemerintah memperhatikan kita?…. inikah contoh mereka terhadap kita sebagai generasi muda???

Iklan

7 thoughts on “Bukan pacar aku tapi pacar kamu juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s