MOVE ON

    Mulai merasa kehilangan itu kok semakin dekat ya,  bagaimana kalo memang itu akan terjadi ouuppss aku harus single!! emang sih single itu  menyenangkan tapi menyebalkan jugaa hag hag hag..move on to next topic

         Masa perkuliahan itu memang menjadi masa pembentukan pribadi seseorang untuk hidup mandiri, dan diri sendiri itu menjadi panduan hidup. untuk menjadi mandiri membutuhkan waktu yang cukup lama karena peralihan masa remaja di SMA/SMK yang masih cenderung bergantung pada yang ada dan orang tua. sementara perkuliahan sudah berpindah menjadi dewasa. apa lagi yang status sebagai anak rantauan yahh contohnya Aku. merantau dari belahan Timurnya Indonesia Yaitu Pulau flores nan cantiknya Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Hal ini merupakan salah satu motivasi buat aku untuk mejadi lebih giat lagi dalam menuntut jejak perjalanan hidupku di Kota Parahayangan ini. Awal masa perkulihan rasanya tuh gimana yah 🙂 🙂 bingung mau mengatur diri seperti apa ini?  itu karena ada faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

        Faktor eksternalnya yaitu segala sesuatu yang terjadi di luar diri sehingga mempengaruhi faktor internal untuk mengikuti  sementara faktor internal yaitu pengaruh dari dalam diri disebabkan kebiasaan kebiasaan dari Flores  baik dalam berpikir, bertingkah laku dan sebagainnya. Hal itu yang membuat saya bingung hal apa yang harus saya lakukan untuk bisa mengatur dan membentuk diri supaya dewasa dan beradaptasi baik dengan lingkungan yang baru. Yahhh wajarlah pasti setiap orang berbeda cara beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ada beberapa hal yang saya lakukan pada awal perkuliahan

Menyatakan diri bahwa saya adalah orang Indonesia

untuk menghindari kata rasis tiap suku di Indonesia alangkah baik kalau kita berprinsip bahawa “Aku Indonesia”

  • Mencintai seluruh budaya yang ada di Indonesia walau berbeda tetapi kita satu tanah air
  • Fokus pada tujuan dan cita-cita
  • ingat pesan-pesan/nasehat orang tua
  • menaati undang-undang
  • menghargai budaya dan agama orang lain
  • menghargai orang lain tanpa melihat status sosial, umur dan lain sebagiannya
  • Tidak melupakan budaya sendiri karena setiap budaya masing-masing daerah memiliki nilai nilai norma kehidupan
  • Tidak terlalu repot dengan masalah orang lain

yahh begitulah yang bisa kubagi-bagi yang pastinya tiap orang memiliki karakter yang berbeda dan mempunyai cara masing-masing untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. iyaa gak? i think so..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s