Pacar Village

Mengelola dan mengembangkan salah satu destinasi wisata di Desa Pacar, Labuan Bajo-NTT

Desa Pacar letaknya di bagian utara manggarai barat yang dapat ditempuh 3-4 jam dari Labuan Bajo Flores NTT.

jepret

SANYO DIGITAL CAMERAdi Pacar

Untuk mengelola dan mengembangkan destinasi yang belum terekspos tersebut diperlukan sebuah organisasi. Destinasi wisata tersebut dikelola dan dikembangkan oleh desa itu sendiri bersama dukungan pemerintah daerah.

Dalam mengelola dan mengembangkan destinasi wisata tersebut organisasi memerlukan menejemen untuk mengatur dan mengkoordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Ada dua alasan diperlukan menejemen, untuk pencapaian tujuan dan untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan tujuan yang saling bertentangan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi.

Apa Saja Unsur-Unsur Utama Menejemen Untuk Mengelola Dan Mengembangkan Destinasi Wisata Tersebut:

  • Sumber Daya Manusia
  • Aksesibilitas
  • Amenitas
  • Atraksi
  • Tehknologi
  • Promotion
  • Market
  1. Sumber Daya Manusia

Manusia yaitu orang yang menggerakan dan melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai tujuan organisasi, termasuk juga mendayagunakan sumberdaya lainnya. Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen. Sumber daya manusia yaitu segenap potensi yang dimiliki oleh manusia. Potensi yang dimiliki setiap manusia berbeda satu sama lain, untuk itu dibutuhkan pengelolaan agar diperoleh tenaga kerja yang puas akan pekerjaannya dan dapat mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien.

Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.

Manusia atau yang sering disebut dengan sumber daya manusia, termasuk di dalamnya termasuk sumber daya otak (brain). Di dalam manajemen unsur manusia merupakan yang paling utama. Sebab semuanya berasal dari manusia. Manusia di dalam manajemen mencakup semua faktor yang mempengaruhi, mewarnai dan melingkupi. Unsur manusia meliputi beberapa hal yang harus diperhatikan meliputi:

  • Jumlah, harus sesuai dengan formasi dan kebutuhan
  • Persyaratan, seperti kemampuan, pendidikan, ketrampilan, pengalaman
  • Komposisi, misalnya unsur pimpinan, unsur pelaksana, teknis, unsur administrasi

 

 

Aktivitas kepariwisataan banyak tergantung pada transportasi dan komunikasi karena faktor jarak dan waktu yang sangat mempengaruhi keinginan seseorang untuk melakukan perjalanan wisata.

Unsur yang terpenting dalam aksesibilitas adalah transportasi maksudnya yaitu frekuensi penggunaannya, kecepatan yang dimilikinya dapat mengakibatkan jarak seolah-olah menjadi dekat. Selain transportasi yang berkaitan dengan aksesibilitas adalah prasarana meliputi jalan, jembatan terminal, stasiun dan bandara. Prasarana ini berfungsi untukmenghubungkan suatu tempat ke tempat yang lain. Keberadaan prasarana transportasi akan mempengaruhi laju tingkat transportasi itu sendiri. Kondisi prasarana yang baik akan membuat laju transportasi optimal. Jarak dan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi ke destinasi wisata merupakan hal yang terpenting. Jenis, volume, tarif dan frekuensi moda angkutan ke dan dari daerah wisata akan terpengaruh kepada jumlah kedatangan wisatawan. Kenyamanan selama perjalanan menuju destinsi wisata dan kawasan harus diperhatikan. Untuk mencapai Desa pacar berikut akan dijelaskan:

Jawa ~ bali/ kupang ~ labuan bajo/ruteng ~ desa pacar.

Kita telah ketahui dari rote tersebut, nah sekarang kita juga harus tahu naik apa kesana?

Dari Jawa atau Bali Ke Labuan Bajo dapat menggunakan angkutan transportasi udara dan laut. Jika menggunakan pesawat dapat ditempuh dalam sehari, tetapai jika anda menggunakan transportasi laut membutuhkan waktu sekitar 3 hari. Dari Labuan Bajo Ke Desa Pacar ditempuh selama 3-4 jam menggunakan mobil atau motor.

  1. Amenitas

Fasilitas – fasilitas di destinasi wisata seperti: penginapan, restoran tradisional, souvenir shop, dan lain sebagainya. Fasilitas pariwisata merupakan hal-hal penunjang terciptannya kenyamanan mengunjungi suatu daerah tujuan wisata. Di desa pacar belum belum terdapat sama sekali terciptanya suatu daerah pariwisata sebab belum ada yang mengembangkannya. Oleh karena itu perlu dikelola dari awal.

 

  1. Atraksi

Daya tarik wisata:

  • Pacar pu’u

Pacar pu’u adalah sebuah kampung tradisional dimana terdapat peninggalan nenek moyang dahulu yaitu sebuah Compang atau altar dan rumah tradisional yang cantik.

Compang adalah susunan bebatuan yang berbentuk bundar terdapat di tengah kampung sebagai simbol persatuan dan kesatuan yang menurut kepercayaan kampung atau Beo terdapat naga beo yang menjaga kekerabatan dan kenyamanan warga kampung. Yang berfungsi sebagai tempat persembahan atau sesajian kepada leluhur dan TYME pada saat acara adat tertentu seperti PENTI ( syukuran atas hasil panen dan segala sesuatu yang diciptakan oleh TYME dan semua warisan nenek moyang).

Rumah tradisional ( Mbaru Tembong) adalah rumah adat yang berbentuk kerucut yang di puncak rumah terdapat tanduk kerbau. Yang melambangkan persatuan dan kemanusiaan terhadap sesama.

  • Atraksi budaya dan makanan khas Manggarai.

Atraksi budaya seperti : tarian tradisional, upacara Penti, upacar pernikahan dalam adat Manggarai.

Makanan khas manggarai seperti: sobol dari tepung singkong, lemet dari singkong, rebok dari tepung jagung, serabe dari tepung beras.

  • Gua Tinngil

Salah satu gua yang terletak 500 meter dari kampung pacar, gua bersejarah ini punya nilai unik yaitu sebagai tempat persembunyian warga masang pacar saat masa penjajahan dan peperangan antara warga masang pacar dengan warga todo.

Tempat wisata ini belum sama sekali dikenal oleh masyarakat luas yang menhetahui hanya masyarakat di manggarai barat. Untuk itu perlu dikembangkan.

Anda dapat menyaksikan pemandangan indah hutan yang luas dan pemandangan laut dari atas puncak bukit. Juga anda dapat meliahat beberapa peninggalan unik yaitu batu berbentuk meja dan ada juga batu berbentuk kursi duduk. Dan juga anda dapat menyaksikan monyek yang hidup di atas gua tersebut. Untuk saa ini belum bisa disisipkn degan gambar.

  • Wisata agro: coklat, kopi, cengkeh, dan sayuran.

Desa pacar adalah desa yang sangat subur, udara sejuk dan nyaman. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berkebun.

  • Istana Macang Pacar.

Masang pacar adalah nama kecamatan dari desa pacar yang dimana pada masa penjajahan “MASANG PACAR” Masang artinya Pahlawan dan pacar adalah nama kampung. Sebenarnya nama asli dari Masang adalah Panjok. Salah satu target dari keturunan Masang adalah membuat istana dalam bentuk kuburan dari pahlawan tersebut sebagai penghormatan karena bagaimanapun juga dia adalah sebagai pahlawan orang yang menumpahkan darahnya demi kecamatan masang Pacar.

  1. Tehknologi atau mesin.

Tehknologi digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. Tehknologi modren digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja . Digunakannya mesin-mesin dalam suatu pekerjaan adalah untuk menghemat tenaga dan fikiran manusia didalam melakukan tugas-tugasnya baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat insedental, baik untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat teknis industry (engineering) maupun yang bersifat teknis paperwork.[1]

 

 

  1. Promosi

Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan perkiraan dalam pemasaran.

Suatu kegaitan dalam kehidupan sehari-hari bahwa seberapa besar manfaat suatu produk bagi konsumen, tapi produk tersebut tidak akan dapat mencari sendiri pembelinnya. Oleh karenanya produsen dituntut tidak hanya menciptakan produk yang bermutu, menetapkan harga yang menarik tetapi harus juga mengusahakan agar produk yang dihasilkan dapat di pasarkan dengan mudah dan lancar serta menyebarluaskan informasi tentang produk wisata yang akan dibeli, dan dinikmati oleh konsumen.

  1. Pemasaran

Pemasaran dalam pariwisata berupa produk wisata dalam bentuk paket wisata yang di pasarkan baik melalui tehknologi ataupun manual. Contohnya dimuat dalam website atau dipasarkan melalui agen perjalanan. Agent juga harus menentukan harga suatu produk wisata.

 

Iklan

2 thoughts on “Pacar Village

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s