Reba Molas Manggarai Bandung

CA NATAS BATE PALA

“Pengalaman itu akan lebih berarti jika dibagi kepada orang lain, itu prinsip saya.”

IMG_4685

PM3B

Heemm kalau pembacanya orang manggarai pasti tahu terjemahan dari judul artikel saya tersebut, dan judul itu diambil dari tema acara weekend  minggu ini. Teman-teman dalam artikel ini saya akan memabagi sedikit pengalaman yang dirasakan weeekend minggu ini yang pastinya serulah. JJ apa lagi berkumpul dengan orang manggarai, Flores serasa lagi di kampung JJJ

Sebelum saya menceritakan lebih lanjut sedikit  saya jelasakan arti dan makna dari judul artikel tersebut. “Ca Natas Bate Pala” kalimat ini berasal dari bahasa Manggarai yang artinya  bahwa sekumpulan Perantau yang hidup di Kota Bandung untuk mencari nafkah, mencari ilmu dan pengalaman. Dalam arti bahwa kami bersatu dalam kekeluargaan, persaudaraan demi mencapai tujuan sehingga selesai merantau kelak menjadi orang yang berguna bagi semua orang dan masa depan yang cerah. Mungkin dalam arti yang yang kita tahu bahwa ‘’pala’’ mencari nafkah tetapi dalam konteks ini kita mengatakan bukan untuk mencari nafkah saja tetapi lebih menekankan persaudaraan cinta kasih keluarga Manggarai Bandung.

IMG_4126

jepret waktu game Ca NAI

Di Bandung, perantau Manggarai mempunyai sebuah organisasi atau perkumpulan yang disebut IKAMABA (IKATAN KELUARGA MANGGARAI BANDUNG), dan sekarang telah memiliki turunan yaitu PM3B (PERSATUAN MUDA MUDI MANGGARAI BANDUNG). Kedua perkumpulan ini saling bekerjasama yang mana tetap lebih tua yaitu IKAMABA sementara PM3B ini adalah perkumpulan baru. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh PM3B tetap mendapat bimbingan dari IKAMABA.

Tanggal 29-30 November 15, saku mengikuti sebuah acara yang diselenggarakan oleh PM3B, acara ini diselenggarakan di sebuah villa di daerah Bandung Barat. Tujuan dari acara ini yaitu mengumpulkan segenap orang tua dan mahasiswa untuk saling mengenal antara satu dengan yang lain khususnya untuk mahasiswa dan yang bekerja di Bandung sejak 2014 sd 2015. Sebenarnya acara ini bukan hanya dilakukan untuk tahun ini tetapi diselenggarakan setiap tahunnya.

IMG_3633

SEBELUM MISA

saya sangat terkesan dengan acara ini, selama 1 hari satu malam tinggal bersama orang Manggarai rasanya seperti berada di Manggarai. Persaudaraan orang Manggarai itu memang sangat terjalin baik dan bahkan menjadi kebiasaan buat kami untuk selalu bersatu dimanapun kami berpijak. Malam yang sangat menyenangkan dirangkai oleh acara yang bernuansa Manggarai, ditemani dengan suasana Villa yang terletak didaerah keinggian dan sunyi membuat saya merasa nyaman dan bahagia. saya  sungguh bangga dengan rekan-rekan manggarai yang begitu luar biasa meniti persaudaraan ini penuh makna, dan ini sungguh pengalaman pertama berkumpul dengan orang Manggarai di Bandung. i love themJ. Jumlah mahasiswa yang bersekolah di Bandung sekitar 60-an orang dn itu tersebar di beberapa kampus di Bandung.

Kegiatan ini juga dilaksananakan sebagai refresing buat kita, sepadat apapun waktu kerja dan kuliah kita tetapi kita tetap punya sedikit kesempatan untuk berkumpul. Dan acara ini sangat bermanfaat buat sayu karena  bisa bertemu dan berkumpul dengan orang tua Manggarai dan rekan-rekan mahasiswa Manggarai yang kuanggap sebagai keluargaku di Bandung ini. Dalam acara ini juga kita saling berbagi pengalaman yang pahit dan senang hidup di kota Bandung juga diberi inspirasi oleh orang tua yang hadir juga sebagai senior yang telah lama tinggal di Bandung.

bagi adek-adek yang ingin bersekolah di Bandung, boleh tanya kita soal biaya hidup maupun biaya kuliah di Kota Bandung. khususnya wilayah Manggarai dan sekitarnya.

POSTED BY Andryani Diyaner

Iklan

7 thoughts on “Reba Molas Manggarai Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s