Pelatihan Sikap Dasar dan Profesi

PSDP atau singkatan dari pembinaan sikap dasar dan profesi. PSDP itu nama ospeknya STPB. Kegiatannya ini  berlangsung selama 6 hari, selama PSDP ini kalian akan merasakan suasana yang berbeda dalam hidup kalian.

Sehari sebelum PSDP atau  dikatakan Pra PSDP , pada hari Pra PSDP ini kami dikasih arahan tentang PSDP yang bakal dijalanin kedepannya. Di hari itu juga  udah dibagikan pleton (kelompok), dikasih buku sebagai petunjuk selama PSDP(guide book), sama dikasih tugas buat hari besoknya.

Selesai kegiatan hari itu, kami  tidak langsung pulang sebenernya tidak disuruh sama panitia, tapi dituntut buat kenal sama satu pleton yang anggotanya kurang lebih 20 orang (veteran & maba). Kita kenalan, saling tuker kontak buat komunikasi selama PSDP. Selesai kumpul pleton, saya langsung nyari perlengkapan yang disuruh bawa sama panitia, ngerjain tugas yang tidak mengerti lagi banyaknya. Sampe harus foto didepan gedung sate (untuk jurusan kepariwisataan) buat foto cover di “Buku Keramat”. Terus langsung lanjut ngerjain tugasnya sampe jam 2 pagi, karena setiap jam 3 subuhnya harus check point di depan “Hollan Bakery”.

hari pertama aku tidak tidur karena setelah pulang jam 06.00 sore langsung kerja tugas untuk hari besoknya lagi. Sumpah kalian bakal ngerasain sendiri di STP Bandung. selama dua hari kami  melaksanakan PSDP di DOME STP Bandung, itupun sakit sekali rasanya karena dari jam 3 subuh sampai jam 12 siang kita duduk tegak lurus dan tidak boleh toleh samping kiri kanan,, whhoooo pokoknya seremm bangett…teriakan yang terus-terusan.

kata-kata mutiara

mbaaa,mass, nunduk!!!!

greeting by name!!!

Ada 3  kata kunci yang perlu diingat selama PSDP yaitu iya kak, maaf kak, terima kasih kak. kesel juga sih, jadi gak bisa berkata apapun selain tiga kalimat itu. Begitupun saat makan Cuma diberi waktu 5 menit dengan porsi yang seperti porsi makan di rumah yang tidak tahu bakal makan cuma diberikan waktu sesingkat ini. 3 hari awal sejak pra PSDP kami  udah harus dibiasakan untuk greetings for everyone, well groom, attitude dan pokoknya disiplinlah ikutin semua peraturan selama PSDP.

3 hari berikutnya kita melaksanakan PSDP di Secapa TNI Angkatan Darat, Bandung. Sepanjang perjalanan ke Secapa pokoknya ramelah, mulut kita nggak bakalan berhenti untuk senyum salam dan sapa bagi semua orang yang dijumpai dan teman selama perjalananpun juga harus digreeting. Seru bangetlah ahahah.. pengalaman pertama dan terakhir buat anak STP Bandung dan tak akan terlupakan karena mungkin hanya ada di STPB doang yang PSDPnya kayak gitu. Selama 3 hari 2 malam lebih seru lagi dari pada di Kampus, enak sih kita melakukan berbagai aktivitas seperti outbound, gamesnya banyaklah ada lagi disuruh cari PIN PSDP dikuburan selama 4 jam hingga jam 11 malam. Kita dibagi perkelompok gitu dalam 1 pleton dibagi jadi 5 orang seru banget. Mereka kasih godaan ada gantungan poconglah, terus bunyi yang aneh-aneh. ingat jangan lupa greeting siapapun yang kita jumpai. Masuk ditahap pertama kita bertemu kakak tatip dan mereka beri beberapa pertanyaan, dan salah satu teman dalam kelompok aku nggak bisa jawab akhirnya disiksa lari 15 kali keliling lapangan mini di area tersebut sambil mengatakan kesalahan yang kita lakukan.

Setelah itu melanjutkan perjalanan, bertemulah dengan seorang tentara dan dia menanyakan apa tujuan kalian kesini? Jawabannya mencari PIN gitu aja. Terus ditanyaain lagi kamu “kamu asal mana” akau menjawab “dari NTT pak” eh si Bapaknya nyuruh saya  nyanyikan sebuah lagu Manggarai. Air mata pun menetes dipipi  menghayati lagu tersebut karena saking rindu daerah asal  Manggarai. Terus kata tentara itu, “lanjutkan missi kamu semangat yah, jangan kecewakan orang tua”. saya  terkesan banget malam ini. jadi makin semangat. Selama di secapa memang menyenangkan namun ada satu hal yang tidak akan saya lupakan yaitu porsi makan yang super duper banyaknya ibaratnya setinggi gunung Ranaka. hahah karena porsinya sudah sangat lebih dari yang biasa saya makan di rumah dan dimana pun. tapi gapapalah toh saya banyak mengeluarkan kalori karena aktivitas outboundnya lumayan extrem.

dibalik perjuangan selama PSDP terdapat makna tersirat selama mahasiswa dituntut  untuk jadi mahasiwa/i yang tangguh, disiplin dan bertanggung jawab. Karena kita sebagai masa depan bangsa Indonesia maka harus belajar dari sekarang agar  dapat membela negara dari ancaman apapun. Dan tak kalahnya lagi harus menjadi penggerak di pariwisata Indonesia dan membangun bangsa Indonesia yang sejahtera dan damai. Kegiatan PSDP adalah gambaran hidup yang akan kita jalani selama di STP Bandung dan seterusnya sampai kita berada di lapangan nantinya.

Sejak hari pertama sampai hari kelima, yang paling terkesan buat saya ada beberapa hal yang tak terlupakan saat aku membuat kesalahan alasannya “saya kan lagi ngantuk terus karena takut tertidur saya menggosok  freshcare di dahi aku, eh efek freshcarenya bukan membuat segar malah membuat mata jadi berkedip terus akhirnya dikirain tidur apa lagi kami nunduk dan keliatan tidur. Saya menangis dalam hati, karena diteriakin sama panitiannya lalu dihukum berdiri di depan teman-teman dan mereka menjadikan saya contoh supaya yang lainnya gak ikutan ngantuk. hukumannya pegang telinga berdiri satu kaki. hahah anak SD banget yahh..tapi bukan Cuma saya sih ada juga teman-teman yang lain. Sumpah, itu sangat kejam banget sampai telinga kita selama PSDP itu bosan banget dengar teriakan yang menggempar….. bagaikan gempa…” sebenarnya gak kejam sih mungkin karena aku bosen dengan teriakan itu tapi gapapalah toh ada hikmahnya juga.

20150802_134234
depan Gedung Sate

Semakin hari dilewati, selanjutnya saya sudah mulai terbiasa dengan teriakan, gak tidur karena ngerjain tugas, nahan ngantuk, makan porsi besar cuma satu 3 menit, dan semua aktifitas yang dahsyat itu. Saya bisa tahan itu semua sampai hari terakhir. Dan dihari terakhir panitia sukses bikin saya  dan hampir semua peserta PSDP menangis karena emang suasana ruangannya bikin jadi cengeng banget. Saat itu kita benar-benar diingetin perjuangan buat masuk STPB, perjuangan PSDP, capek-capeknya PSDP diingetin lagi. Dan hal itu telah lolos menghapus rasa lelah dan capek segala rasa capek selama PSDP, mereka membaca puisi yang sedihlah, terus penutupnya kita acara bersama, ditontonkan berbagai perjunjukan hiburan STPB. Para panitia yang pernah teriak-teriakin akupun bertemu dan pokoknya damai banget rasanya. Semua sudah usai. Terimakasih PSDP.

Okay itu saja cerita singkatku selama PSDP STP Bandung 2015, saya  tidak bisa ceritain semua kalau bakal ceritakan semuanya pasti tebal satu buku dan bisa aku buat “My life in another world” hahahah… terima kasih telah membaca tulisan saya.  “Ayoo, masuk ke STP Bandung seruu lohh”hahahah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s